PENERAPAN TEKNIK EXPRESSIVE WRITING UNTUK MENINGKATKAN PENGELOLAAN EMOSI MARAH SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK ELEKTRO SMKN 1 DRIYOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik expressive writing dalam meningkatkan pengelolaan emosi marah siswa kelas X teknik elektro SMKN 1 Driyorejo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-experiment design dengan rancangan penelitian pre-test post-test one group design. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket pengelolaan emosi marah yang terdiri dari 33 item. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah lima siswa dari kelas X jurusan teknik elektro SMKN 1 Driyorejo yang memiliki skor pengelolaan emosi marah rendah yang telah diukur menggunakan angket pengelolaan emosi marah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik non parametrik dengan menggunakan Uji Wilcoxon.
Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa N = 5 dan x = 0 (z), maka diperoleh ρ (kemungkinan harga dibawah Ho) = 0,043. Bila dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah perbedaan skor pengelolaan emosi marah sebelum dan sesudah diberikan penerapan teknik expressive writing. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh rata-rata pre-test 80,6 rata-rata post-test 98,6, dan selisih antara rata-rata pre-test dan rata-rata post-test sebesar 18. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik expressive writing dapat meningkatkan pengelolaan emosi marah siswa kelas X jurusan teknik elektro SMKN 1 Driyorejo.
Kata Kunci : Teknik Expressive Writing, Pengelolaan Emosi Marah
Downloads

