Penerapan Konseling Acceptance and Commitment Therapy untuk Menurunkan Stres Akademik pada Siswa Kelas XI SMAN 3 Tuban
Abstract
Berdasarkan hasil angket studi pendahuluan yang dilakukan pada peserta didik kelas XI IPA di SMAN 3 Tuban terdapat beberapa orang peserta didik yang terindikasi mengalami stres akademik, maka dari itu diberikanlah konseling Acceptance and Commitment Therapy. Penelitian ini bertujuan untuk menguji konseling Acceptance and Commitment Therapy untuk menurunkan stres akademik siswa kelas XI SMA.
Desain penelitian ini menggunakan pendekatan single subject design dengan menggunakan desain A-B. Teknik analisis data menggunakan analisis visual dalam kondisi yaitu menganalisis perubahan data dalam suatu kondisi pada fase baseline (A) dan fase intervensi (B). Berdasarkan hasil level stabilitas stres akademik subyek C pada fase baseline (A) 75% menjadi 29% pada fase intervensi (B), subyek Ni pada fase baseline (A) 75% menjadi 29% pada fase intervensi (B), subyek S pada fase baseline (A) 75% menjadi 29% pada fase intervensi (B). Sedangkan Level perubahan pada perilaku perilaku stres akademik menunjukkan subyek C memburuk (-1) pada fase baseline (A) menjadi membaik (+4.5) pada fase intervensi (B), level perubahan subyek Ni memburuk (-1.5) pada fase baseline (A) menjadi membaik (+3) pada fase intervensi (B), level perubahan subyek S memburuk (-2) pada fase baseline (A) menjadi membaik (+3.5) pada fase intervensi (B). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan skor stres akademik siswa sebelum dan sesudah diberikan konseling individu melalui teknik Acceptance and Commitment Therapy. Dengan demikian Ho ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik Acceptance and Commitment Therapy dapat menurunkan stres akademik siswa kelas XI SMAN 3 Tuban.
Kata Kunci : Stres Akademik, Teknik Acceptance and Commitment Therapy
Downloads

