Penerapan Layanan Konseling Kelompok Strategi Self-Management Untuk Meningkatkan Self Control Pada Siswa Kelas XI Di SMK Negeri Rengel Tuban

  • SANTI CAHYO RINI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konseling kelompok dengan strategi self management untuk meningkatkan kontrol diri (self control) pada siswa kelas XI  di SMK N Rengel Tuban. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan desain penelitian one group pre test-post test. Subjek penelitian ini adalah empat siswa dari kelas XI di SMK N Rengel Tuban yang memiliki skor kontrol diri (self control) rendah yang telah diungkur dengan mengunkana angket kontrol diri (self control). Teknik analisis data ini yang digunakan adalah statistik non parametrik berupa uji tanda untuk menegtahui ada tidaknya perbedaan tingkat kontrl diri (self control) subjek antara sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis menunjukkan bahwa N=4 dan X=0 maka diperoleh α (kemungkian harga dibawah Ho)=0.04. bila dalam ketetapan α ( taraf kesalahan ) 5% adalah 0.05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan antara skor pre-tes dan post-tes setelah diberikan perlakuan berupa konseling kelompok self management. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini yang berbunyi “Penerapan layanan konseling kelompok strategi self management dapat meningkatkan self control pada siswa kelas XI di SMK N Rengel Tuban”.     

 

Kata kunci: Konseling Kelompok Self Managament, Self Control

Published
2017-08-24
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 243