Authors

  • MOHAMMAD IRFAN S

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah bimbingan kelompok metode problem solving dapat meningkatkan kerjasama tim pengurus OSIS. Kemudian yang melatar belakangi penelitian ini adalah fenomena di lapangan bahwa kerjasama tim organisasi dibeberapa sekolah yang kurang bagus.OSIS sendiri adalah organisasi yang berbasis di sekolah menengah membutuhkan kerjasama tim untuk mencapai tujuan. Namun pengurus OSIS di beberapa sekolah kurang bisa bekerjasama tim dengan bagus, sehingga hanya ada beberapa pengurus saja yang berkontribusi maksimal untuk OSIS. Penyebab dari kurangnya kerjasama tim antara lain pembagian tugas yang tidak sesuai dengan kemampuan, sikap ingin menonjolkan diri dalam organisasi, dll. Kemudian peneliti berinisiatif untuk memberikan layanan bimbingan kelompok metode problem solving untuk meningkatkan kerjasama tim pengurus OSIS. Penelitian ini dikatagorikan sebagai penelitian kuantitataif yaitu pre-eksperimental design dengan one group pre-test dan post-test design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket kerjasama tim pengurus OSIS. Subyeknya adalah 8 pengurus OSIS SMAN 1 Karas dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji tanda. Berdasarkan hasil uji tanda menunjukan Tanda positif (+) berjumlah 7 siswa yang dinyatakan sebagai N (jumlah pengamatan yang relevan) dan x (banyaknya tanda yang lebih sedikit) berjumlah nol. Dengan melihat pada tabel tes binomial dengan ketentuan N=7 dan x=0, maka diperoleh ρ = 0,0078. Apabila dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka harga 0,0078 < 0,05. Dengan demikian maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan rata-rata  Skor pre-test  108,62 dan  post-test 122,13, maka dapat dibuktikan bahwa penerapan bimbingan kelompok metode problem solving dapat meningkatkan kerjasama tim pengurus OSIS.

 

Kata kunci: bimbingan kelompok, metode problem solving, kerjasama tim pengurus OSIS.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-08-29
Abstract views: 15 , PDF Downloads: 23