PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KEPEMIMPINAN UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • NINDYA AYU MARTIARANI

Abstract

Krisis Kepemimpinan di Indonesia salah satunya berasal dari pendidikan dan pengetahuan tentang kepemimpinan yang kurang di pahami oleh peserta didik. Hasil dari Need Asesment penulis, penulis menemukan bahwa perlu adanya sebuah produk yang dapat mendukung dalam mengembangkan pengetahuan tentang kepemimpinan khususnya pada siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku panduan kepemimpinan bagi siswa sekolah menengah pertama yang mampu memenuhi kriteria kriteria keberterimaan produk yang meliputi kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan produk. Proses pengembangan produk yang digunakan dalam penelitian ini adalah yang dikemukakan oleh Borg & Gall. Analisis data yang digunakan untuk mengolah hasil validasi dari ahli materi, ahli media dan calon pengguna adalah prosentase. Hasil pengembangan media ini memenuhi kriteria valid yakni angket penilaian ahli materi (91,8%), angket penilaian ahli media (89,5%), angket penilaian calon pengguna yakni konselor (79,5% ) dan calon pengguna siswa (80,3%) Kriteria kelayakan produk yang didapat dari hasil validasi tersebut menurut mustaji (2005) dikatakan baik dan tidak perlu direfisi lagi. Buku panduan kepemimpinan yang di buat oleh penulis dapat disimpulkan telah memenuhi kriteria akseptabilitas meliputi aspek kegunaan, aspek kelayakan, aspek ketepatan dan aspek kepatutan. Berdasarkan pemenuhan aspek-aspek tersebut, tahapan proses pengembangan selanjutya yaitu melakukan uji coba lapangan skala yang lebih besar dan luas dapat digunakan apabila menggunakan prosedur pengembangan Borg & Gall.

Kata Kunci: kepemimpinan, siswa SMP, sikap, pengembangan.

Published
2017-11-02
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 47