PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMILIHAN KARIR SISWA KELAS XI TATA BUSANA DI SMK DARUTTAQWA GRESIK

  • Ika Nur Oktavia

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena pada siswa kelas XI Tata Busana di SMK Daruttaqwa Gresik yang mengatakan takut tidak bisa mendapatkan pekerjaan setelah lulus karena mereka masih bingung untuk memilih karir untuk kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat meningkatkan kemampuan pemilihan karir siswa kelas XI Tata Busana di SMK Daruttaqwa Gresik. Penelitian ini menggunakan desain pre experimental design dengan bentuk one group pre-test and post-test design. Subyek dalam penelitian ini yaitu 8 siswa kelas XI Tata Busana SMK Daruttaqwa Gresik yang memiliki kemampuan pemilihan karir kategori rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket kemampuan pemilihan karir dengan 27 item pernyataan. Teknik analisis data menggunakan statistic non parametric yaitu uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan ketentuan ketentuan N = 8 dan x = 0 (z), maka diperoleh ρ (kemugkinan harga dibawah Ho) = 0,012. Bila dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka 0,012 < 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Terdapat perbedaan kemampuan pemilihan karir antara pre test dan post test, diketahui rata-rata pre test = 64,25 dan rata-rata post test = 86,12 dengan selisih sebanyak 21,87. Sehingga hipotesis penelitian yang berbunyi “penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat meningkatkan kemampuan pemilihan karir siswa” diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat meningkatkan kemampuan pemilihan karir siswa kelas XI Tata Busaana di SMK Daruttaqwa Gresik.

 

Kata kunci : Kemampuan Pemilihan Karir, Bimbingan Kelompok, Diskusi

Published
2017-11-07
Abstract Views: 129
PDF Downloads: 212