PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ETIKA PERGAULAN SISWA

  • FIQIH KARTIKA MURTI

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena yang terjadi dikalangan siswa SMP. Di SMPN 34 surabaya terdapat siswa yang belum memahami perilaku etika pergaulan, seperti memanggil teman dengan nama nama orang tua, siswa mengobrol ketika pelajaran berlangsung, menggunakan bahasa yang kurang baik ketika berbicara. Hal itu dapat memicu permusuhan dan perkelahian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan pemahaman etika pergaulan siswa kelas VII di SMPN 34 Surabaya. Metode penelitian ini merupakan eksperimen jenis penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah one group pre-test and post-test design. Subyek dalam penelitian adalah 8 siswa kelas VII yang memiliki pemahaman etika pergaulan rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic non parametik analisis uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa rangking negatif 0, rangking positif 8, ties 0 dengan ketentuan Z -2,521, Asymp. Sig (2 tailed) sebesar 0,012 atau lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka 0,012 < 0,05. Berdasarkan hasil ini maka Ho ditolak dan Ha diterima, hipotesis penelitiannya ialah ”penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan pemahaman etika pergaulan siswa” diterima, dan kesimpulannya penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan pemahaman etika pergaulan siswa kelas VII di SMPN 34 Surabaya.

 

Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Diskusi, Pemahaman, etika pergaulan

Published
2017-11-13
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 207