PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENCEGAHAN BAHAYA NARKOBA BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • META ADEANA WULANSARI

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian pengembangan Borg & Gall (1983) atau penelitian pengembangan yang menghasilkan suatu produk.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduanpencegahan bahaya narkoba dengan latihan asertif bagi siswa menengah pertama. Produk pengembangan yang dihasilkan terdiri dari baku panduan untuk konselor dalam melakukan layanan informasi dan juga bimbingan kelompok dalam pemberian materi anti narkoba .Pengembangan buku pengembangan panduan pencegahan bahaya narkoba dengan latihan asertif bagi siswa memengah pertama mengadopsi tahapan model pengembangan Borg & Gall yang telah disederhanakan oleh Tim PuslitJaknov. Dalam proses pengembangan awal , pengembangan melakukan konsultasi dengan ahli media untuk mendapatkan panduan dan saran tentang media yang dikembangkan . Untuk memenuhi akseptabilitas produk maka dilakukan uji ahli validasi ahli media, validasi ahli materi dan uji validasi ahli lapangan konselor .Instrumen penelitian ini berupa angket yang digunakan untuk mengetahui akseptabilitas produk.Adapun hasil penilaiannya dianalisis dengan menggunakanteknik analisis diskriptif presentase.Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil validasi uji calon pengguna konselor. menunjukkan bahwa buku pengembangan panduan pencegahan bahaya narkoba dengan latian asertif bagi siswa menengah pertama mmenuhi kriteria akseptabilitas yang sesuai dengan aspek kegunaan , kelayakan, ketepatan dan kepatutan. Skor yang diperoleh dari hasil Validasi uji ahlimateri aspek kegunaan 97,72%, aspek kelayakan 90,62%, aspek kepatutan 93,05%, dan aspek kepatutan 95,45%. Dengan demikian Buku pengembangan panduan pencegahan bahaya narkoba dengan latihan asertif bagi siswa menengah pertama dapat digunakan dapat digunakan sebagai media dalam layanan informasi untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya narkoba

Published
2017-12-21
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 81