Pemanfaatan Cinema Therapy dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self Efficacy Karir Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Baureno Bojonegoro

  • Berlian Dwi Jayati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Cinema Therapy untuk meningkatkan Self Efficacy Karir siswa kelas XI SMA N 1 Baureno Bojonegoro. Indikator self efficacy meliputi tingkat keyakinan individu terhadap kemampuan, penguasaan individu terhadap bidang atau tugas, serta kekuatan dalam menghadapi tantangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test and post-test design. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket self efficacy karir siswa untuk memperoleh data tingkat self efficacy karir siswa kelas XI di SMAN 1 Baurno. Subyek dalam penelitian ini adalah 10 siswa dari kelas XI IPS 1 yang memiliki skor self efficacy karir kategori rendah,  sedang dan tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic non parametik analisis uji tanda. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai ρ = 0,001 lebih kecil dari α = 0,05. berdasarkan hasil ini maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil perhitungan diketahui rata-rata pre-test 122,3 dan rata-rata post-test 136,9. Hipotesis penelitian ini yang berbunyi” pemanfaatan cinema therapy dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan self efficacy karir siswa kelas XI SMAN 1 Baureno Bojonegoro” dapat diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan cinema therapy dapat meningkatkan meningkatkan self efficacy karir siswa kelas XI SMAN 1 Baureno Bojonegoro.

Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Cinema Therapy, Self Efficacy Karir.

Published
2017-12-29
Abstract Views: 174
PDF Downloads: 237