PENERAPAN KONSELING EKSISTENSIAL DENGAN TEKNIK LOGOTERAPI  UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI  PADA SISWA KELAS XI AK - PMS DAN XII OTO SMK KOSGORO 1 BALONGBENDO

  • RIRIS PRADIPTA SISWANTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konseling eksistensial dengan teknik logoterapi untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas XI AK-PMS dan XII OTO SMK Kosgoro 1 Balongbendo terhadap kemampuan, penguasaan individu terhadap bidang atau tugas, serta dalam menemukan makna diri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test and post-test design. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket percaya diri siswa untuk memperoleh data tingkat percaya diri siswa kelas XI AK-PMS dan XII OTO SMK Kosgoro 1 Balongbendo. Subyek dalam penelitian ini adalah 5 siswa dari kelas XI AK-PMS dan XII OTO yang memiliki skor percaya diri dengan kategori rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic non parametik analisis uji tanda. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai ρ = 0,031 lebih kecil dari α = 0,05. berdasarkan hasil ini maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil perhitungan diketahui rata-rata pre-test 90 dan rata-rata post-test 115,8. Hipotesis penelitian ini yang berbunyi” penerapan konseling eksistensial degan teknik logoterapi dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas XI AK-PMS dan XII OTO SMK Kosgoro 1 Balongbendo” dapat diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan logoterapi dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas XI AK-PMS dan XII OTO SMK Kosgoro 1 Balongbendo.

Kata Kunci : Konseling eksistensial, Logoterapi, Rasa percaya diri

Published
2017-12-29
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 100