PENERAPAN STRATEGI COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS X IPS 1 SMAN 1 PONGGOK KABUPATEN BLITAR

  • PETRICIA ANGGI AGUSTINE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi cognitive restructuring dalam meningkatkan percaya diri siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Ponggok Kabupaten Blitar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-experiment design dengan rancangan penelitian pre-test post-test one group design. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket percaya diri yang terdiri dari 32 item dan angket berpikir positif yang terdiri dari 19 item. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah empat siswa dari kelas X IPS 1 SMAN 1 Ponggok yang memiliki skor percaya diri rendah yang telah diukur menggunakan angket percaya diri . Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik non parametrik dengan menggunakan Uji Wilcoxon.Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan dengan angket percaya diri N = 4 dan x = 0 , maka diperoleh ρ (kemungkinan harga dibawah Ho) = 0,068. Bila dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka 0,068 < 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Adanya perbedaan antara pre-test dan post-test yaitu skor post-test lebih besar dibanding skor pre-test.Post-test.Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan dengan angket berpikir positif N = 4 dan x = 0 , maka diperoleh ρ (kemungkinan harga dibawah Ho) = 0,059. Bila dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka 0,059< 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.Adanya perbedaan antara pre-test dan post-test yaitu skor post-test lebih besar dibanding skor pre-test. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi cognitive restructuring dapat meningkatkan percaya diri siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Ponggok Kabupaten Blitar.Kata Kunci : Strategi cognitive restructuring, Percaya diri

Published
2018-01-17
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 82