PENERAPAN KONSELING REALITA UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI IIS 1 SMAN 1 MENGANTI
Abstract
Prokrastinasi akademik merupakan suatu tindakan penghindaran atau menunda memulai atau menyelesaikan suatu tugas akademik yang mempunyai batas waktu. Keterlambatan siswa dalam mengumpulkan tugas telah banyak terjadi khususnya pada kelas XI IIS 1 di SMA Negeri 1 Menganti. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari konselor dan guru mata pelajaran, kelas XI IIS 1 rentan melakukan keterlambatan dalam mengumpulkan tugas, tidak mengerjakan tugas tepat waktu, mengerjakan tugas disekolah atau yang disebut dengan perilaku prokrastinasi akademik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konseling realita dalam mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Menganti. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-experiment design dengan rancangan penelitian pre-test post-test one group design. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 5 siswa dari kelas XI IIS 1 SMAN 1 Menganti yang memiliki skor prokrastinasi akademik tinggi yang telah diukur menggunakan angket prokrastinasi akademik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik non parametrik dengan menggunakan Uji Wilcoxon. Setelah post-test diolah diperoleh hasil bahwa terdapat 5 subjek yang menunjukan adanya penurunan prokrastinasi akademik pada siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling realita dapat menurunkan prokrastinasi akademik siswa kelas XI IIS1 SMAN 1 Menganti.
Kata Kunci : Konseling Realita, Prokrastinasi Akademik
PDF Downloads: 32