PENERAPAN KONSELING REALITA UNTUK  MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI IIS 1 SMAN 1 MENGANTI

  • LINDA KURNIAWATI

Abstract

Prokrastinasi akademik  merupakan  suatu tindakan penghindaran atau  menunda memulai atau  menyelesaikan suatu  tugas  akademik  yang  mempunyai batas  waktu.  Keterlambatan  siswa dalam  mengumpulkan  tugas  telah  banyak terjadi khususnya pada kelas XI IIS 1 di SMA Negeri 1 Menganti. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari konselor dan guru mata pelajaran, kelas XI IIS 1 rentan melakukan keterlambatan dalam mengumpulkan tugas, tidak mengerjakan tugas tepat waktu, mengerjakan tugas disekolah atau yang disebut dengan  perilaku  prokrastinasi akademik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konseling realita dalam mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Menganti. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-experiment design dengan rancangan penelitian pre-test post-test one group design. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 5 siswa dari kelas XI IIS 1 SMAN 1 Menganti yang memiliki skor prokrastinasi akademik tinggi yang telah diukur menggunakan angket prokrastinasi akademik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik non parametrik dengan menggunakan Uji Wilcoxon. Setelah post-test diolah diperoleh hasil bahwa terdapat 5 subjek yang menunjukan adanya penurunan prokrastinasi akademik pada siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling realita dapat menurunkan prokrastinasi akademik siswa kelas XI IIS1 SMAN 1 Menganti.

 

Kata Kunci :  Konseling Realita, Prokrastinasi Akademik

Published
2018-01-23
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 32