PENGEMBANGAN MODUL PEMILIHAN KARIR UNTUK SISWA KELAS IX SMPN 3 BABAT LAMONGAN

  • ARIF ROFAUL ALI
  • BAMBANG DIBYO WIYONO

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SMPN 3 Babat Lamongan dengan menggunakan angket kebutuhan masalah siswa BK di bidang karier untuk siswa Sekolah Menengah Pertama, di temukan sebanyak 38% mengenai tentang pendidikan lanjutan, 33% mengenai langkah-langkah memasuki pendidikan lanjutan, dan 33% mengenai pemahaman penyaluran bakat dan minat data tersebut diperoleh bersifat segera. Hal ini juga dipekuat data wawancara dengan Guru bimbingan dan konseling terkait tentang pemilihan Karier siswa kelas IX, Guru bimbingan dan konseling menyatakan bahwa siswa masih kebingungan dalam memilih sekolah maupun karier setelah lulus Sekolah Menengah Pertana, Melihat fenomena yang ada maka perlu mengembangkan sebuah media yang bisa memberikan informasi untuk keseluruhan siswa. Media yang dirasa sesuai adalah modul, karena pada modul dapat dipaparkan materi secara lengkap sesuai dengan kebutuhan siswa, modul memfasilitasi penggunaannya untuk belajar secara mandiri, terdapat evaluasi dan refleksi untuk mengukur pemahaman siswa, praktis digunakan karena tidak membutuhkan listrik dan dapat dibawa kemana-mana.

Penelitian pengembangan modul pemilihan karier untuk siswa kelas IX SMPN 3 Babat Lamongan bertujuan untuk bisa memenuhi aspek akseptabilitas yaitu, kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Uji validasi Ahli terdiri dari satu ahli materi, satu ahli media dan satu ahli lapangan. Sementara uji coba lapangan skala kecil terdiri dari enam siswa kelas IX. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk menghimpun data kuantitatif dan data kualitatif.

Berdasarkan hasil kriteria akseptabilitas mendapatkan nilai 87% untuk ahli materi, ahli media diperoleh 80 %, ahli calon pegguna Guru Bimbingan dan Konseling diperoleh 87,12%, sementara uji calon pengguna skala lapangan kecil diperoleh nilai 83,21%, dengan demikian dapat disimpulkan media modul pemilihan Karier memenuhi kategori sangat baik tidak perlu revisi digunakan sebagai media Bimbingan dan Konseling.

Kata kunci : Pengembangan Modul, Pemilihan Karier
Published
2018-05-09
Abstract Views: 230
PDF Downloads: 340