PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TOPIK TUGAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS VIII B DI SMP NEGERI 3 GRESIK

  • MUHAMMAD RIZQI NUGROHO
  • DENOK SETIAWATI

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi dan wawancara kepada guru BK sewaktu PPL ternyata masih banyak siswa di kelas VIII B di SMP Negeri 3 Gresik yang mengalami kurangnya kemampuan komunikasi interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok topik tugas untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII B di SMP Negeri 3 Gresik. Penelitian ini menggunakan desain pre experimental design dengan bentuk one group pre-test and post-test design. Dengan subyek yang memiliki kemampuan komunikasi interpersonal kategori rendah sebanyak 5 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket kemampuan pemilihan karir dengan 61 item pernyataan.

Teknik analisis data menggunakan uji tanda. Hasil analisis menunjukkan bahwa Dengan melihat tabel tes binomial Probabilities dengan ketentuan N = 5 dan%2 = 0 (z) maka diperoleh ρ (kemungkinan harga dibawah H0) = 0,031. Bila dalam ketetapan taraf α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa harga 0,031 < 0,05 berdasarkan hasil ini maka H0 ditolak dan Ha diterima. Setelah diberikan perlakuan bimbingan kelompok topik tugas terdapat perbedaan skor antara Pre-Test dan Post-Test. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan kelompok topik tugas dapat meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII B di SMP Negeri 3 Gresik

Kata kunci : Kemampuan Komunikasi Intepersonal, Bimbingan Kelompok Topik Tugas

Published
2018-05-09
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 27