STUDI TENTANG PENANGANAN PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK OLEH KONSELOR SEKOLAH DI SMP NEGERI SE KECAMATAN KEREK-TUBAN

  • MEGA ARDIYANTI
  • TITIN INDAH PRATIWI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bentuk-bentuk perilaku membolos yang ditunjukkan oleh peserta didik di SMP Negeri se Kecamatan Kerek-Tuban, (2) mengetahui pola penanganan yang dilakukan konselor di masing-masing SMP Negeri se Kecamatan Kerek - Tuban terhadap perilaku membolos peserta didik, (3) mengetahui perbedaan dalam pola penanganan oleh knselor di masing-masing SMP Negeri se Kecamatan Kerek - Tuban terhadap perilaku membolos peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus. Dalam penelitian studi kasus ini, instrumen pengumpulan data yang digunakan yakni instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data. Yaitu dengan mengklasifikasikan data yang diperoleh di lapangan, kemudian diolah dalam bentuk narasi untuk selanjutnya disusun menjadi sebuah kesimpulan atau asumsi yang logis. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik dan konselor yang ada di masing-masing SMP Negeri se Kecamatan Kerek – Tuban. Yang mana peserta didik dan konselor menjadi subjek dalam instrumen observasi. Sedangkan untuk instrumen wawancara ditujukan pada konselor saja. Ada lima orang konselor dari semua SMP Negeri se Kecamatan Kerek-Tuban, yang terbagi menjadi tiga sekolah. Yaitu tiga konselor di SMP Negeri 1 Kerek, satu konselor di SMP Negeri 2 Kerek, dan satu orang konselor di SMP Negeri 3 Kerek. Hasil penelitian yang berkaitan dengan perilaku membolos yang ditunjukkan oleh peserta didik di ketiga sekolah terbilang sama. Yakni digolongkan menjadi tiga bentuk. Bentuk pertama adalahtidak hadir di sekolah tanpa mengirimkan surat keterangan, dan hadir di sekolah namun tidak mengikuti mata pelajaran tertentu tanpa seijin guru. Sedangkan hasil penelitian mengenai pola penanganan konselor terhadap perilaku membolos peserta didik di ketiga sekolah, ditemukan beberapa persamaan dan juga beberapa perbedaan. Karena penanganan oleh konselor di masing-masing sekolah disesuaikan dengan karakter dan kondisi lingkungan peserta didik.

Kata Kunci: Penanganan, Perilaku membolos

Published
2018-05-21
Abstract Views: 166
PDF Downloads: 241