STUDI KEPUSTAKAAN PENERAPAN KONSELING SOLUTION-FOCUSED BRIEF THERAPY (SFBT) DALAM LINGKUP PENDIDIKAN

  • DIANA PUSPITASARI
  • BUDI PURWOKO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan konseling Solution-Focused Brief Therapy (SFBT) dalam lingkup pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan atau disebut dengan Library Research. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Untuk menjaga ketepatan pengkajian dan mencegah adanya misinformasi dalam analisis data, maka dilakukan pengecekan antar pustaka dan membaca kembali pustaka serta memperhatikan komentar dari dosen pembimbing.

Hasil penelitian ini tersusunnya kajian penerapan konseling Solution Focused Brief Therapy (SFBT) dalam lingkup pendidikan yang merujuk pada komponen-komponen 20 artikel jurnal nasional dan internasional serta masukan dari dosen pembimbing yaitu: 1) Keberhasilan penerapan konseling SFBT dalam lingkup pendidikan, 2) Prosedur implementasi konseling SFBT dalam lingkup pendidikan, 3) Metode atau teknik konseling SFBT dalam lingkup pendidikan, 4) Ruang lingkup dan sasaran SFBT dalam lingkup pendidikan, 5) Saran atau rekomendasi penerapan konseling SFBT dalam lingkup pendidikan.

Kata Kunci: Studi Kepustakaan, Penerapan, Solution Focused Brief Therapy (SFBT), Pendidikan.

Published
2018-05-21
Abstract Views: 316
PDF Downloads: 420