STUDI KEPUSTAKAAN PENERAPAN KONSELING ACCEPTANCE AND COMMITMENT THERAPY (ACT) DALAM LINGKUP PENDIDIKAN

  • SRI RIYA UTARI
  • BUDI PURWOKO

Abstract

Bimbingan dan Konseling sebagai bagian integral dari pendidikan adalah upaya memfasilitasi dan memandirikan peserta didik dalam rangka tercapainya perkembangan yang utuh dan optimal. (Permendikbud No. 111, 2014). Di sekolah siswa mengalami berbagai permaalahan sehingga dalam hal ini konselor berperan penting dalam membantu siswa memecahkan permasalahan yang dialami. Konselor sebagai fasilitator bagi siswa diharapkan dapat melaksanakan konseling dengan pendekatan yang efektif. Salah satu teknik intervensi yang efektif adalah konseling acceptance and commitment therapy. Keterbatasan konselor dalam mendapatkan informasi yang berbahasa Indonesia tentang penerapan konseling acceptance and commitment therapy membuat perlu diadakan studi kepustakaan terkait penerapan konseling acceptance and commitment therapy karena ketersedian bahan pustaka yang berbahasa asing juga banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan konseling acceptance and commitment therapy dalam lingkup pendidikan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan dianalisis dengan teknik analisis isi. Untuk menjaga ketepatan pengkajian dan mencegah kesalahan informasi pada penelitian kepustakaan dalam menganalisis data dilakukan pengecekan antar pustaka dan membaca ulang pustaka serta memperhatikan komentar dan masukan dari pembimbing.

Hasil penelitian ini adalah tersusunnya kajian tentang penerapan konseling acceptance and commitment therapy yang merujuk pada artikel jurnal internasional dan nasional, yaitu: 1) Berdasarkan hasil kajian dari 20 artikel jurnal penerapan konseling acceptance and commitment therapy berhasil membantu konseli dalam beberapa permasalahan, 2) Prosedur implementasi penerapan acceptance and commitment therapy dengan 6 proses inti yang dilakukan dengan beberapa sesi, 3) Metode atau teknik acceptance and commitment therapy yang diketahui dari hasil kajian ada 3 metode atau teknik, 4) Ruang lingkup dan sasaran penerapan acceptance and commitment therapy dalam artikel jurnal yang dikaji adalah penerapan konseling acceptance and commitment therapy dalam lingkup pendidikan dari jenjang sekolah dasar sampai perguruan tinggi dengan sasaran individu atau kelompok dalam bentang usia sekolah yang mengalami permesalahan tertentu, 5) Saran atau rekomendasi penerapan acceptance and commitment therapy dalam lingkup pendidikan yaitu konselor direkomendasikan untuk menerapkan konseling acceptance and commitment therapy dalam membantu siswa yang mengalami permasalahan dan konselor diarapkan mampu mengkreasikan metafora sesuai budaya konseli..

Kata Kunci: Studi Kepustakaan, Penerapan, Acceptance and Commitment, Pendidikan

Published
2018-05-22
Abstract Views: 204
PDF Downloads: 568