PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGELOLA PENGGUNAAN GADGET PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 TUBAN

  • DINA ARIFATUZZAHRO
  • NAJLATUN NAQIYAH

Abstract

Penerapan teknik mind mapping dalam bimbingan kelompok yang diberikan di kelas XI IPS 3 SMAN 3 Tuban yang dilakukan dengan teknik pengambilan subjek non- probability sampling yang menggunakan purposive sample yaitu pengambilan sampel berdasarkan tujuan tertentu. Fokus penelitian ini hanya pada kelas XI IPS 3 SMAN 3 Tuban, yang sekaligus ditetapkan sebagai sampel dalam penelitian ini. Penentuan kelas dalam penelitian ini berdasarkan saran dari guru BK SMAN 3 Tuban yang terlebih dahulu telah melakukan need asessment. Dari kelas yang telah ditentukan selanjutnya dilakukan pre-test untuk mengetahui skor awal dalam angket pengelolaan gadget sebelum diberikan perlakuan penerapan teknik mind mapping dalam bimbingan kelompok. Penggunaan angket ini untuk mengetahui perbedaan skor kemampuan pengelolaan penggunaan gadget dengan tambahan data yang berasal dari jurnal harian yang diberikan selama pemberian perlakuan dan setelah perlakuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa N=7 (ρ tabel = 0,008) dan α = 0,05 dan dapat ditetapkan 0,008 < 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Maka hipotesis yang berbunyi penerapan teknik mind mapping dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengelola penggunaan gadget pada siswa kelas XI IPS di SMAN 3 Tuban diterima.

Kata Kunci: Peta Konsep, Konselor, Bimbingan Kelompok
Published
2018-05-30
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 75