UJI COBA LAPANGAN UTAMA DAN UJI COBA LAPANGAN OPERASIONAL MEDIA COMPUTER ASSISTED INFORMATION (CAI) SEBAGAI LAYANAN INFORMASI UNTUK KEMANTAPAN PEMILIHAN STUDI LANJUT PADA SISWA SMA

  • MOCHAMAD RIFAI A
  • ELISABETH CHRISTIANA

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi dengan kondisi dilapangan yang menunjukkan masih banyak siswa yang memilih jurusan di perguruan tinggi tanpa menyesuaikan kepribadian dirinya. Padahal kurikulum SMA dirancang untuk mempersiapkan para siswa melanjutkan dalam memilih studi lanjut,. Maka dari itu untuk membantu kemantapan siswa dalam pemilihan studi lanjut. Penelitian ini memilih media media computer assisted information (CAI) yang sebelumnya telah dikembangkan oleh saudari arista febriana indarti untuk diuji keefektifan sebagai media yang efektif dalam membantu layanan informasi untuk kemantapan studi lanjut pada siswa SMA.

Pada penelitian ini sampel yang di gunakan adalah seluruh siswa kelas XII SMA PGRI 1 Lumajang dari populasi seluruh siswa kelas XII SMA PGRI di Lumajang, dengan teknik pengambilan sampel yakni menggunakan random sampling. Tujuan yang ingin di capai pada penelitian ini adalah menguji keefektifan media computer assisted information (CAI). Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan dua bentuk metode eksperimen yakni One Group Pre-test Post-test group design pada uji coba lapagan utama dan Pre-test Post-test Control Group Design pada uji coba lapangan operasional. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test yang dibantu dengan SPSS versi 16.

Kesimpulan dari hasil analisis data menunjukkan dengan diberi perlakuan dengan menggunakan media computer assisted information (CAI) menunjukkan adanya perubahan yang signifikan pada siswa. Pada hasil uji coba lapangan utama dapat diketahui bahwa hasil sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perubahan yang signifikan dari pemberian perlakuan. Pada hasil uji coba lapangan operasional berdasarkan tabel hasil uji paired sample t-test dapat diketahui dalam kolom sig. (2-tailed) sebesar 0.000. Bila dalam ketetapan jika nilai sig. (2-tailed) < 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat perubahan yang signifikan antara hasil setelah pemberian perlakuan pada data pre-test dengan data post-test pada kelompok eksperimen. Dan hasil uji paired sample t-test kelompok kontrol dapat diketahui dalam kolom sig. (2-tailed) menunjukkan angka 0,218. Maka dengan ketentuan jika sig. (2 tailed) > 0,05 maka bisa disimpulkan bahwa tidak terdapat perubahan yang signifikan antara hasil pre-test dengan hasil post-test pada kelompok kontrol. Dari Hasil analisis data tersebut menjelaskan media computer assisted information (CAI) teruji efektif sebagai layanan informasi untuk meningkatkan kemantapan pemilihan studi lanjut pada siswa SMA.

Kata kunci : Computer Assisted Information (Cai), Layanan Informasi.

Published
2018-06-04
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 166