UJI LAPANGAN UTAMA DAN UJI LAPANGAN OPERASIONAL BOOKLET SEBAGAI MEDIA LAYANAN INFORMASI PEMAHAMAN GAYA HIDUP HEDONISME SISWA SMAN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG

  • KURNIA ANINDYA RIZKI
  • ELISABETH CHRISTIANA

Abstract

Gaya hidup merupakan suatu pola interaksi individu dengan lingkungan sekitarnya, dan setiap individu mempunyai gaya hidup yang berbeda-beda. Salah satu bentuk gaya hidup yang banyak dimiliki remaja saat ini adalah gaya hidup hedonisme, dimana gaya hidup hedonisme ini membuat seseorang lebih menyukai kesenangan yang bersifat duniawi dan membuat seseorang menjadi lebih konsumtif dan tentunya ini memberikan dampak pada diri individu yang mempunyai gaya hidup hedonisme, dan gaya hidup hedonisme yang banyak dialami remaja disebababkan kurangnya pemahaman mengenai gaya hidup hedonisme.

Pada penelitian ini sampel yang digunakan dalam penelitian siswa dari kelas XI IPS 1, XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMAN 1 Kauman Tulungagung. Tujuan dari penelitian ini adalah menyempurnakan pengembangan Booklet Sebagai Media Layanan Informasi Pemahaman Gaya Hidup Hedonisme Siswa. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian Borg and Gall mulai tahap ke enam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan bentuk Pretest–Post-test Control Group Design dengan satu macam perlakuan yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket pemahaman gaya hidup hedonisme yang terdiri dari 26 item.

Dalam analisis data ini dilakukan dengan SPSS dengan menggunakan teknik statistik parametrik yaitu menggunakan uji paired sample t test dan hasil yang diperoleh dari pre test post test kelompok enam adalah 0,000 < 0,05, hasil dari pre test dan post test kelompok eksperimen adalah 0,005 < 0,05, dan hasil dari pre test dan post test kelompok kontrol adalah 0,000 < 0,05. Apabila kedua hasil tersebut dibandingkan maka hasil dari uji paired sample T test kelompok kontrol sedikit lebih tinggi dari hasil uji kelompok eksperimen, akan tetapi kedua hasil ini masih kurang dari nilai signifikan 0,05 sehingga kedua hasil tersebut memiliki arti bahwa terdapat perbedaan skor antara hasil pre-test dan hasil post-test instrumen yang diberikan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa booklet sebagai media layanan informasi pemahaman gaya hidup hedonisme siswa tidak efektif untuk meningkatkan pemahaman gaya hidup hedonisme siswa SMAN 1 Kauman.

Kata Kunci :Booklet, Gaya Hidup Hedonisme, Layanan informasi

Published
2018-06-05
Abstract Views: 2
PDF Downloads: 14