EVALUASI LAYANAN PEMINATAN DAN PERENCANAAN INDIVIDUAL MODEL DISCREPANCY SMAN SE-KOTA SURABAYA

  • NURIL LAILATUS SIAMAH
  • BAMBANG DIBYO WIYONO

Abstract

Penelitian evaluasi yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara pelaksanaan layanan peminatan dan perencanaan individual dengan standar yang diadaptasi dari buku Guidelines For Performance Based Profesional School Counselor Evaluation (Missouri Department Of Elementary and Secoundary Education) dengan menggunakan model evaluasi discrepancy (kesenjangan). Evaluasi ini dilaksanakan di SMAN se-Kota Surabaya yang diwakilkan oleh 5 sekolah pilihan berdasarkan teknik pengambilan sampel yaitu cluster area. Hasil dari pelaksanaan evaluasi ini menunjukkan bahwa layanan peminatan dan perencanaan individual di SMAN se-Kota Surabaya belum sepenuhnya sesuai dengan standar yang di adaptasi, dengan penjabaran sebagai berikut : 1) Pada indikator pengadaan tes penunjang layanan peminatan dan perencanaan individual sesuai dengan standar yang diadaptasi 2) Indikator pengadaan media khusus penunjang layanan peminatan dan perencanaan individual kurang sesuai dengan standar yang di adaptasi. 3) Indikator kegiatan konseling kelompok terkait layanan peminatan dan perencanaan individual kurang sesuai dengan standar yang di adaptasi. 4) Indikator kegiatan konseling individu terkait layanan peminatan dan perencanaan individual sesuai dengan standar yang di adaptasi.

Kata Kunci : Layanan Peminatan dan Perencanaan Individual, Evaluasi, Model Evaluasi Discrepancy

Published
2018-06-08
Abstract Views: 98
PDF Downloads: 2666