PENGEMBANGAN APLIKASI NEED ASSESSMENT SISWA UNTUK PENYUSUNAN PROGRAM BK DI SMA

  • MERRYZA YOHANA SETYANTO
  • BUDI PURWOKO

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media yang memenuhi standar akseptabilitas produk dan dapat membantu guru BK dalam menyusun program kerja tahunan. Penelitian ini menggunakan model pengembagan Reseacrh and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg and Gall (2003) dan disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov (2008). Penelitian ini menggunakan 4 dari 5 langkah yang ada, meliputi (1) mengalisis produk yang akan dikembangkan, (2) penyusunan draft produk awal, (3) validasi ahli dan revisi (4) uji coba produk dan revisi produk.

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi dan uji ahli di dapatkan data kuantitatif hasil akseptabilitas produk oleh ahli materi sebesar (95,3%) dengan kriteria penelitian produk sangat baik, tidak perlu direvisi, sedangkan untuk buku panduan diperoleh hasil sebesar (96,6%). Oleh ahli media di dapatkan hasil sebesar (98,8%) dengan kriteria penilaian produk sangat baik, tidak perlu direvisi, sedangkan untuk buku panduan diperoleh hasil sebesar (96,7%). Oleh calon pengguna diperoleh hasil sebesar (8,62%) dengan kriteria penilaian produk sangat baik, tidak perlu direvisi, sedangkan untuk buku paduan diperoleh hasil sebesar (89,3%). Dan didapatkan data kualitatif berupa saran dan masukan. Berdasarkan saran dari ahli materi tersebut, aplikasi telah direvisi sesuai dengan saran yang diberikan Dengan demikian produk aplikasi need assessment siswa untuk penyusunan program BK di SMA memenuhi kriteria akseptabilitas produk yang mencangkup aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan.

Kata Kunci: Pengembangan, need assessment, Program BK

Published
2018-07-16
Abstract Views: 317
PDF Downloads: 866