PENERAPAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGATASI KONFLIK INTERPERSONAL KELAS X DI SMK DHARMA WANITA GRESIK

  • Melsa Nur Aziza
  • MOCHAMAD NURSALIM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengatasi konflik interpersonal pada siswa melalui teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok di Siswa Kelas X RPL di SMK Dharma Wanita. Dimana jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design ini memakai one group pretest-posttest design. Adapun subyek penelitian yaitu siswa kelas X di SMK Dharma Wanita Gersik, berjumlah 8 siswa yang yang memiliki kemampuan mengatasi konflik interpersonal yang rendah. Pelaksanaan penelitian dilakukan Pelaksanaan penelitian dilakukan sebanyak 5 kali, dengan memberikan 3 kali perlakuan berupa pertemuan kegiatan sosiodrama, 1 kali pelaksanaan pre-test, dan 1 kali pelaksanaan post-test (dilakukan pada waktu yang sama saat akhir kegiatan). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen berupa angket kemampuan mengatasi konflik interpersonal. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan statistic non-parametric.

Adapun hasil penelitian ini yaitu dengan menunjukkan uji tanda terdapat perbedaan skor yang cukup signifikan, berdasarkan data yang diketahui subjek berjumlah 8 siswa. Dengan melihat tabel tes dengan ketentuan N=8 dan%2=0, maka diperoleh ρ (kemungkinan harga dibawah Ho) = 0.0039. Bila dalam ketetapan α (taraf kesalahan) 5 % adalah 0.05, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan antara skor pre-tes dan post-test setelah diberikan perlakuan berupa penerapan bimbingan kelompok teknik sosiodrama.

Kata kunci :Teknik Sosiodrama, Bimbingan Kelompok, Kemampuan Mengatasi Konflik Interpersonal
Published
2018-07-16
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 84