STUDI TENTANG PERILAKU BULLYING SERTA PENANGANNYA PADA SISWA SMP NEGERI 2 PALANG, TUBAN

  • FAJAR ARIFULLAH NUR MUFIDAH
  • TAMSIL MUIS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku bullying dan penanganan oleh guru bimbingan dan konseling pada siswa di SMP Negeri 2 Palang, Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa yang menjadi korban maupun pelaku bullying dan guru bimbingan dan konseling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian terkait dengan perilaku bullying serta penanganannya antara lain, pertama adalah pihak yang terlibat dalam perilaku bullying ini adalah pembuli, asisten pembuli, korban, dan pembela korban. Kedua, faktor yang memberi kontribusi terjadinya perilaku bullying adalah sebelumnya pelaku bullying pernah menjadi korban bullying dan korban bullying cenderung tidak memberikan perlawanan ketika dibully. Ketiga, ciri pelaku bullying adalah siswa yang memiliki fisik yang kuat, mudah tersinggung, dan sering bergerombol atau membentuk suatu kelompok. Ciri korban bullying adalah siswa yang cenderung pendiam, tidak melakukan perlawanan saat diganggu dan mempunyai kekurangan fisik. Keempat, gambaran perilaku bullying yang didapat pada penelitian ini adalah bullying verbal dan fisik. Kelima, dampak perilaku bullying ini adalah korban merasa malu, sedih, marah, kesal, dan tidak nyaman, dari ketidaknyaman dan dapat mengganggu prestasi belajar dengan sengaja tidak masuk sekolah agar tidak mengikuti proses belajar. Keenam, penanganan perilaku bullying yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dengan menggunakan usaha preventif, kuratif, dan preservatif. Dan ketujuh adalah hasil penanganan terhadap pelaku dan korban bullying yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling berhasil, kasus perilaku bullying yang terjadi di sekolah menurun.

Kesimpulan penelitian ini adalah gambaran perilaku bullying di SMP Negeri 2 Palang, Tuban yaitu, bullying verbal dan fisik. Penanganan perilaku bullying yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dengan menggunakan usaha preventif, kuratif, dan preservatif.

Kata kunci : Perilaku bullying, penanganan oleh guru bimbingan dan konseling.

Published
2018-07-16
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 905