PENERAPAN TEKNIK DISKUSI DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMPN 1 KUNJANG KAB. KEDIRI

  • INTAN PERMATASARI ANDANI
  • MOCHAMAD NURSALIM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kemandirian belajar melalui teknik diskusi kelompok pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Kunjang Kab. Kediri. Dimana jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design ini memakai one group pretest-posttest design. Adapun subyek penelitian yaitu siswa kelas VIII di SMPN 1 Kunjang Kab. Kediri berjumlah 8 siswa dengan usia rata-rata 13-15 tahun. Metode pengumpulan data Pelaksanaan penelitian dilakukan sebanyak empat kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen berupa angket kemandirian belajar. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan statistic non-parametric.

Adapun hasil penelitian ini yaitu dengan menunjukkan uji tanda terdapat perbedaan skor yang cukup signifikan, berdasarkan data yang diketahui subjek berjumlah 8 siswa. Dengan melihat tabel tes dengan ketentuan N=8 dan%2=0, maka diperoleh ρ (kemungkinan harga dibawah Ho) = 0.0039. Bila dalam ketetapan α (taraf kesalahan) 5 % adalah 0.05, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan antara skor pre-tes dan post-test setelah diberikan perlakuan berupa penerapan teknik diskusi kelompok dalam layanan bimbingan kelompok

Kata kunci :Teknik Diskusi, Bimbingan Kelompok, Kemampuan Kemandirian Belajar

Published
2018-07-17
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 61