PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN STRATEGI BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN DIRI SISWA KELAS XI TEKNIK MESIN DI SMK DARUTTAQWA GRESIK

  • ASTRID DWI PUTRI
  • NAJLATUN NAQIYAH

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena siswa yang memiliki permasalahan mengenai kesadaran diri, yang diketahui berdasarkan hasil AUM di kelas XI Teknik Mesin SMK Daruttaqwa Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok dengan strategi buzz group dapat meningkatkan kesadaran diri siswa kelas XI Teknik Mesin di SMK Daruttaqwa Gresik. Penelitian ini menggunakan desain pre experimental design dengan bentuk one group pre-test and post-test design. Dengan subyek yang memiliki kesadaran diri kategori rendah sebanyak 6 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket kesadaran diri dengan 31 item pernyataan. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa didalam kotak Ranks, Negative Ranks menunjukkan angka 0, Positive Ranks 6, dan Ties 0. Berarti terdapat 6 orang yang mengalami peningkatan kesadaran diri. Pada kotak Test Statistic diketahui nilai Z adalah -2,201 dan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,028. Bila dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% maka 0,028 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan jika Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan kelompok dengan strategi buzz group dapat meningkatkan kesadaran diri siswa kelas XI Teknik Mesin di SMK Daruttaqwa Gresik.

Kata kunci : Kesadaran diri, Bimbingan Kelompok, Strategi buzz group

Published
2018-07-23
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 92