PENERAPAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK TOKEN EKONOMI UNTUK MENGURANGI PERILAKU TERLAMBAT MASUK SEKOLAH PADA SISWA KELAS VII DAN VIII DI SMP NEGERI 5 SIDOARJO

  • YASTI HAYU ANINDYTA
  • HADI WARSITO WIRYOSUTOMO

Abstract

Studi pendahuluan penelitian ini di latarbelakangi oleh tingginya tingkat terlambat masuk sekolah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah penerapan konseling kelompok teknik token ekonomi dapat mengurangi perilaku terlambat masuk sekolah siswa pada kelas VII dan VIII di SMP Negeri 5 Sidoarjo. Data perilaku terlambat siswa diambil dari dokumentasi buku catatan terlambat siswa tahun ajaran 2017/2018. Subyek dalam penelitian ini berjumlah empat siswa.

Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen kasus tunggal (single case experimental design). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif sederhana menggunakan metode analisis visual grafik, yaitu analisis dalam kondisi dan analisi antar kondisi. Hal ini didukung oleh hasil fase baseline dan fase intervensi yang menunjukkan hasil keempat subjek dimana subjek pertama mengalami pengurangan frekuensi perilaku terlambat masuk sekolah menjadi dua kali dalam empat minggu setelah intervensi, subjek kedua mengalami pengurangan frekuensi perilaku terlambat masuk sekolah menjadi dua kali dalam empat minggu. Subjek ketiga mengalami pengurangan frekuensi menjadi satu kali dalam empat minggu, dan subjek yang keempat mengalami frekuensi perilaku terlambat masuk sekolah menjadi tidak pernah terlambat selama lima minggu. Perubahan penurunan frekuensi perilaku terlambat masuk sekolah menunjukkan hasil yang stabil, mendatar, dan berkurang setelah pemberian perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan pemberian konseling kelompok dengan teknik token ekonomi dapat mengurangi perilaku terlambat masuk sekolah yaitu subyeknya siswa kelas VII dan VIII di SMP Negeri 5 Sidoarjo.

Kata kunci : Konseling kelompok, token ekonomi, perilaku terlambat masuk sekolah

Published
2018-07-23
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 162