PENERAPAN KONSELING KOGNITIF PERILAKU UNTUK MENGURANGI SOCIAL LOAFING SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 CERME GRESIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konseling kognitif perilaku untuk mengurangi tingkat social loafing siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Cerme Gresik. Strategi yang digunakan adalah cognitive restructuring dan self reward. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-experiment design one-group pre-tes post-tes design. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket social loafing yang digunakan untuk memperoleh data tentang tingkat social loafing yang tinggi. Subjek penelitian sejumlah 4 siswa di ambil dari siswa kelas VIII D dengan tingkat social loafing yang tinggi diukur dengan angket social loafing. Teknik analisis data dengan uji statistik non parametik dengan uji tanda.
Hasil analisis diperoleh (kemungkinan harga dibawah Ho) = 0,063. Sedangkan α (taraf kesalahan) = 0,05 maka 0,063 < 0,05, dapat disimpulkan Ho ditolak dan diterima. Adanya penurunan tingkat social loafing yang ditunjukan dari skor rata-rata pre-test 78,25 dan post-test 67. Hipotesis alternatif ( ) “Ada perbedaan tingkat social loafing siswa antara sebelum dan sesudah pemberian konseling dengan pendekatan kognitif perilaku ” adalah di terima. Sehingga dapat disimpulkan penerapan konseling kognitif perilaku dapat digunakan untuk menurunkan tingkat social loafing siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Cerme Gresik.
Kata Kunci: Konseling Kognitif Perilaku, Cognitive Restructuring, Self Reward, Social Loafing.
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)