PENERAPAN STRATEGI MODELING PARTISIPAN UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN DALAM MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA SISWA KELAS VIII J SMP NEGERI 10 SURABAYA

  • DIAH AYU PRAMESWARI
  • NAJLATUN NAQIYAH

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 10 Surabaya, terdapat siswa-siswi yang memiliki keberanian dalam mengemukakan pendapat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi modeling partisipan untuk meningkatkan keberanian dalam mengemukakan pendapat pada siswa kelas VIII J SMP Negeri 10 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Bentuk desain penelitian yang digunakan adalah one-group pre-test design- post-test design. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket keberanian mengemukakan pendapat. Subjek penelitian 5 siswa dari kelas VIII J SMP Negeri 10 Surabaya yang memiliki tingkat keberanian mengemukakan pendapat rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan menggunakan uji tanda. Hasil analisis menunjukan bahwa nilai ρ = 0,031 lebih kecil dari σ = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan tingkat keberanian dalam mengemukakan pendapat antara sebelum dan sesudah diberikan strategi modeling partisipan. Berdasarkan hasil perhitungan diatas, mean pre-test sebesar 73 dan mean post-test 90, sedangkan selisih antara mean pre-test dan mean post-test adalah sebesar 17. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis penelitian ini berbunyi “Penerapan strategi modeling partisipan dapat meningkatkan keberanian dalam mengemukakan pendapat pada siswa kelas VIII J SMP Negeri 10 Surabaya.

Kata Kunci : Modeling Partisipan, Keberanian, Mengemukakan Pendapat.

Published
2018-07-23
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 85