Penerapan Teknik Cognitive Information Processing (CIP) Untuk Meningkatkan Kematangan Karier Dalam Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas XI IPS SMA N 2 Tuban

  • MEIRINDA DHITA INSANI MULYA
  • NAJLATUN NAQIYAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kematangan karier siswa kelas XI IPS SMA N 2 Tuban yang rendah melalui teknik Cognitive Information Processing (CIP). Kematangan karier ialah kesiapan individu untuk mengambil keputusan karier dan belajar lebih untuk meningkatkan keterampilan sesuai dengan keputusan yang dipilihnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu one group pre-test dan post-test. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket kematangan karier. Subyek dalam penelitian ini adalah 8 siswa dari kelas XI IPS A yang memiliki skor kematangan karier kategori rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik analisis uji tanda. Dari hasil analisis data yang diperoleh adalah nilai ρ = 0,004 lebih kecil dari (taraf kesalahan) α = 0,05. Berdasarkan hasil ini maka Ho ditolak Ha diterima. Dari hasil perhitungan diketahui nilai rata-rata dari pre-test 117,7 dan rata-rata post-test 143,5. Hipotesis penelitian ini yang berbunyi “Penerapan Teknik Cognitive Information Processing (CIP) Untuk Meningkatkan Kematangan Karier Dalam Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas XI IPS SMA N 2 Tuban” dapat diterima, sehingga bisa disimpulkan bahwa teknik CIP dalam konseling kelompok dapat meningkatkan kematangan karier siswa kelas XI IPS SMA N 2 Tuban.

Kata Kunci : Konseling Kelompok, Kematangan Karier, Cognitive Information Processing.

Published
2018-07-23
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 89