KONSELING INDIVIDU METODE COUNTERING UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA

  • TITASARI WIJAYANTI
  • ELISABETH CHRISTIANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konseling individu metode countering untuk meningkatkan konsep diri siswa kelas X MIA-5 MAN Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan desain pre experimental design dengan bentuk one group pre-test and post-test design. Dengan subyek yang memiliki konsep diri rendah sebanyak 4 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket konsep diri dengan 34 item pernyataan.

Teknik analisis data menggunakan uji tanda.Hasil analisis menunjukkan bahwa diketahui nilai Z adalah -1841 dan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,016. Bila dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% maka 0,016 < 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling individu teknik Self-talk dapat meningkatkan konsep diri siswa kelas X MIA-5 MAN Sidoarjo.

Kata kunci : Konsep Diri, Self-talk, Metode Countering

Published
2018-07-23
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 63