PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU (POCKET BOOK) STUDI LANJUT UNTUK SISWA KELAS VIII MTs

  • IMROATUS SHOLIHAH
  • ELISABETH CHRISTIANA

Abstract

Studi Lanjut merupakan pendidikan lanjutan setelah tamat dari pendidikan yang saat ini ditempuh. Dalam memudahkan penyampaian informasi studi lanjut bisa dilakukan dengan bantuan media. Buku saku merupakan salah satu media yang bisa digunakan dalam layanan bimbingan dan konseling. Buku saku, dibuat dalam bentuk kecil yang bisa dimasukkan kedalam saku baju sehingga bisa dibawa kemana-mana. Hal itu memungkinkan siswa untuk membaca buku saku tersebut dimanapun siswa berada. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk buku saku studi lanjut yang memenuhi kriteria akseptabilitas dan untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok menggunakan media buku saku terhadap studi lanjut siswa.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan tim puslitjaknov yang terbatas pada tahap keempat. Adapun tahapan yang telah dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis produk (kepustakaan dan need assesment), mengembangkan produk awal, uji validasi, lalu uji coba skala kecil dan revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Uji media buku saku studi lanjut ini dilakukan oleh satu ahli materi dengan nilai 94,69%, satu ahli media dengan nilai 89,57%, satu guru BK dengan nilai 95,63% dan 10 siswa dengan nilai 91,87%. Secara keseluruhan diperoleh rata-rata 92,94%. Hasil pengembangan produk buku saku studi lanjut ini telah memenui kriteria akseptabilitas yang meliputi aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan dengan rata-rata hasil penilaiannya sangat baik, tidak perlu direvisi.

Uji coba skala kecil dilakukan dengan bimbingan kelompok menggunakan media buku saku studi lanjut dengan subjek penelitian sebanyak 10 siswa. Dari 10 siswa yang telah diberikan perlakuan terdapat selisih antara nilai pretest dan posttetst yaitu adanya peningkatan pemahaman studi lanjut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Buku Saku (Pocket Book)Studi Lanjut telah memenuhi kriteria akseptabilitas untuk digunakan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dikelas VIII MTs.

Kata kunci : Pengembangan, buku saku, studi lanjut

Published
2018-07-23
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 27