PENERAPAN TEKNIK FOCUS GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAMPAK PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS X IPS 3 SMA SHAFTA SURABAYA

  • FARDATUL CHURIYAH
  • RETNO TRI HARIASTUTI

Abstract

Abstrak

Perilaku menyontek siswa merupakan salah satu dari cakupan bimbingan konseling dalam bidang belajar sehingga guru BK/konselor memiliki tanggung jawab untuk menangani masalah tersebut. Guru bimbingan konseling atau konselor bertugas untuk membantu siswa dalam mengoptimalkan diri sehingga siswa dapat berkembang dengan baik. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk membuktikan apakah penerapan teknik focus group discussion dapat meningkatkan pemahaman perilaku menyontek pada siswa kelas X IPS 3 SMA Shafta Surabaya. Berdasarkan permasalahan yang akan diteliti, maka jenis penelitian yang sesuai adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test and post-test design dengan menggunakan angket sebagai alat pengumpul data. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 siswa dari kelas X IPS 3 yang memiliki skor pemahaman dampak perilaku menyontek kategori rendah dan sedang. Hasil rata-rata pre-test subjek yaitu 84 dan rata-rata post-test 95,28. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik non parametrik dengan uji tanda atau sign test. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai Exact. Sig. (2-tailed) sebesar 0,016. Bila dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% maka 0,016 < 0,05 dan dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik focus group discussion dapat meningkatkan pemahaman dampak perilaku menyontek siswa kelas X IPS 3 SMA Shafta Surabaya.

Kata kunci: Focus Group Discussion, Pemahaman dampak perilaku menyontek

Abstract

Student cheating behaviour is one of the scopes of counseling in the field of learning so that guidance counseling teachers/counselors have a responsibility to deal with the problem. Guidance counseling teacher or counselor tasked to assist students in optimizing themselves so that students can develop well. This study has a purpose is to prove whether the application of focus group discussion techniques can improve understanding of cheating behaviour in students of class X Social 3 Shafta Senior High School Surabaya. Based on the problems to be studied, then the appropriate type of research is an experimental method with a quantitative approach. The design used in this research is one group pre-test and post-test design by using questionnaire as data gathering tool. Subjects in this study were 7 students from class X Social 3 who had a score of understanding the impact of cheats behaviour of low and medium category. The average pre-test result of the subjects is 84 and the average post-test is 95.28. This research uses non parametric statistical data analysis technique with sign test. The results show that the value of Exact. Sig. (2-tailed) of 0.016. If in the determination α (error rate) of 5% then 0.016 < 0.05 and it can be concluded that Ho is rejected and Ha accepted. So it can be concluded that the application of focus group discussion techniques can improve understanding of the impact of cheating behaviour of students class X Social 3 Shafta Senior High School Surabaya.

Keywords: Focus Group Discussion, Understanding the impact of cheating behaviour

Published
2018-07-24
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 264