LATIHAN ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM KORBAN CYBERBULLYING PADA SISWA

  • ZUHRIYAH ROHMAWATI
  • ELISABETH CHRISTIANA

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah peneliti lakukan di SMP Negeri 5 Sidoarjo, bahwa terdapat 5 siswa yang menjadi korban cyberbullying yang memiliki self esteem rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan self esteem korban cyberbullying siswa SMP Negeri 5 Sidoarjo dengan menggunakan strategi konseling Latihan asertif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, bentuk desain penelitian ini adalah one group pre-test design – post-test design. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket self esteem korban cyberbullying, Subjek penelitian ini adalah 5 siswa korban cyberbullying yang memiliki self esteem rendah. Teknik analisis data menggunakan statistic non parametric dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk menguji perbedaan signifikansi terhadap kelompok eksperiman yang diberikan perlakukan latihan asertif.Berdasarkan hasil perhitungan diatas, mean pre-test sebesar 51,8 dan mean post-test 74,4 dan selisih antara mean pre-test dan mean post-test adalah sebesar 22,6.Hasil Analisis menunjukan bahwa berdasarkan output “Test Statistics” diketahui Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,042. karena nilai 0,042 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “Ha diterima”, artinya ada perbedaan hasil self esteem korban cyberbullying untuk pre-test dan post-test, Sehingga dapat dikatakan bahwa “Latihan Asertif Dapat Meningkatkan Self esteem Korban Cyberbullying Pada Siswa SMPN 5 Sidoarjo.”

Kata Kunci : Latihan asertif, Self –Esteem, Cyberbullying
Published
2018-07-24
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 301