KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REBT UNTUK MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 PULUNG KABUPATEN PONOROGO

  • ANJAR TRISNO WIYOTO
  • ELISABETH CHRISTIANA

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan masalah serius yang membawa konsekuensi bagi pelakunya. Prokrastinasi akademiaberpengaruh terhadap prestasi belajar semakin tinggi tingkat prokrastinasi akademik semakin rendah prestasi belajar. Remaja dibimbing agar mandiri dan sadar dalam untuk menemukan solusi-solusi yang tepat untuk mengubah pola pikirnya yang manaapengubahan pola pikir itu akan membentuk perilaku baru.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh konseling kelompok Pendekatan REBT terhadap penurunan prokrastinasi akademik siswa kelas XI IPS SMAN 1 Pulung Ponorogo. Penelitian ini menggunakan rancangan pre experiment berupa one groupapre test – post test desaign. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling atau sample bertujuan. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pulung, yang memiliki kategori tinggi pada skor prokrastinasi akademik. Jenis angket yang digunakan adalah angket tertutup. Analisis data yang digunakan adalah statistic non parametric dengan wilcoxson signed rank test dengan bantuan aplikasi SPSS 2.4. setelah dilakukan analisis menggunakan SPSS 2.4 diketahui bahwa ρ 0.042 lebih kecil dari  sebesar 5% 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prokrastinasi akademik sebelum dan sesudah konselingakelompok Pendektan REBT. Berdasarkan hasil penghitungan mean pre test sebesar 159.2 dan mean post test sebesar 143.8 dan selisih antara mean pre test dan post test sebesar 15.4. dengan demikian H0 ditolakadan H1 diterima. Dan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yang berbunyi “Konseling Kelompok Pendekatan REBT Untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Pulung Ponorogo dapat diterima” Hal ini menunjukkan bahwa peneriamaan konseling kelompok Pendekatan REBT (Rational Emotif Behavior Therapy) dapat dijadikan alternative untuk membantu siswa yang memiliki masalah prokrastinasiaakademik yang tinggi, selain itu berdasar hasil analisis setelah perlakuan menunjukkan perubahan skor pada 5 subjek tersebut.

Kata Kunci : Konseling Kelompok Pendekatan REBT, Prokrastinasi Akademik
Published
2018-07-24
Abstract Views: 94
PDF Downloads: 112