PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PERSIAPAN KARIER MODEL COGNITIVE INFORMATION PROCESSING (CIP) UNTUK SISWA KELAS XI SMK DHARMA WANITA GRESIK

  • FUAIDAH SETIO RINI
  • DENOK SETIAWATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan persiapan karier model teori Cognitive Information Processing (CIP) siswa SMK kelas XI yang digunakan sebagai panduan oleh konselor dalam membantu siswa membuat persiapan karier yang tepat, meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan R & D (Research Development) atau penelitian pengembangan. Metode yang digunakan adalah Borg & Gall yang disederhanakan oleh Tim Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi (Puslitjaknov) dengan 5 (lima) langkah. Langkah-langkah yang dilakukan oleh peneliti adalah analisis produk, pengembangan produk awal, dan uji ahli (ahli materi, ahli media, dan uji coba calon pengguna).

Validasi dinilai berdasarkan kriteria akseptabilitas produk. Penilaian dari ahli materi sebesar 97.18%, ahli media sebesar 91.67%. Sementara untuk uji calon pengguna (guru BK) memperoleh nilai sebesar 87.50%, serta uji calon pengguna (siswa) sebesar 85.15%. Hasil presentase secara keseluruhan adalah 85.17%. Hasil penilaian tersebut apabila disesuaikan dengan kriteria penilaian menurut Mustaji (2005) termasuk kategori sangat baik dan tidak perlu revisi, sehingga produk buku panduan persiapan karier telah memenuhi kriteria akseptabilitas.

Kata kunci : Pengembangan, Buku Panduan, Persiapan Karier

Published
2018-07-24
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 90