PENGEMBANGAN APLIKASI KARIER MODEL COGNITIVE INFORMATION PROCESSING (CIP) UNTUK PERENCANAAN STUDI LANJUT SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 PANCENG GRESIK

  • EVI ZAFIFATUN NISA
  • HADI WARSITO WIRYOSUTOMO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi karier dalam perencanaan studi lanjut siswa kelas IX SMP dengan model teori Cognitive Information Processing (CIP) yang membantu siswa untuk membuat suatu pilihan karier yang tepat, belajar meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan meningkatkan pengambilan keputusan karier yang diperlukan untuk pilihan-pilihan di masa mendatang. Metode pengembangan yang digunakan adalah Borg and Gall yang memiliki 10 tahap, dan yang dilakukan oleh peneliti hanya sampai tahap 5, pada tahap revisi hasil uji coba, dengan hasil dari uji validasi media, materi, dan calon pengguna dan masing-masing dapat dilihat dari aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan (akseptabilitas). Penilaian akseptabilitas dari ahli media sebesar 98%, dan ahli materi sebesar 88,27%. Calon pengguna dari guru BK memberikan penilaian akseptabilitas sempurna yaitu 100%, Sedangkan siswa sebagai calon pengguna memberikan penilaian 90%. Berdasarkan kriteria kelayakan, kegunaan, ketepatan dan kepatutan (akseptabilitas) produk, aplikasi ini termasuk dalam kategori baik dan tidak perlu direvisi, sehingga aplikasi ini sudah siap untuk diuji keefektifitasnya ke siswa kelas IX SMP.

Kata Kunci : Pengembangan, aplikasi, perencanaan studi lanjut

Published
2018-07-24
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 138