PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET KETERAMPILAN MEMBACA DALAM LAYANAN INFORMASI BAGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 KEDIRI

  • RIZA PUTRI RACHMAWATI
  • DENOK SETIAWATI

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 3 Kediri diperoleh informasi dari Guru BK bahwa siswa kelas X paling banyak mengalami masalah pada bidang belajar, khususnya keterampilan membaca. Permasalahan tersebut berdampak pada daya serap informasi materi pembelajaran serta belum ada pemberian layanan informasi secara klasikal maupun kelompok yang dilakukan Guru BK. Oleh karena itu, perlu adanya media informasi yang tepat dan dikemas dalam bentuk menarik sebagai alternatif pemberian layanan informasi. Salah satunya yakni media cetak berupa booklet.

Pengembangan media ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media booklet keterampilan membaca untuk siswa SMA. Selain bermanfaat bagi siswa, pengembangan media booklet keterampilan membaca ini juga dapat digunakan oleh Guru BK untuk memberikan pelayanan bimbingan dan konseling kepada siswa khususnya di bidang belajar. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan oleh tim Puslitjaknov. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menyusun sebuah booklet sebagai media yang memenuhi kriteria akseptabilitas yaitu aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan.

Adapun rata-rata hasil penilaian akseptabilitas dari validator ahli materi memperoleh nilai 96,05% dengan kategori “sangat baik, tidak perlu direvisi”, ahli media memperoleh nilai 93,05% dengan kategori “sangat baik, tidak perlu direvisi”, ahli pengguna konselor memperoleh nilai 84,21% dengan kategori “sangat baik, tidak perlu direvisi”, serta penilaian dari ahli pengguna siswa memperoleh nilai 81,75% dengan kategori “sangat baik, tidak perlu direvisi”.

Berdasarkan hasil penilaian secara kuantitatif tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa booklet keterampilan membaca bagi siswa kelas X SMA telah memenuhi kriteria akseptabilitas dan layak untuk digunakan pada jenjang sekolah menengah atas.

Kata kunci : Pengembangan, Booklet, Keterampilan Membaca, Layanan Informasi.

Published
2018-07-24
Abstract Views: 2
PDF Downloads: 67