EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI SISWA

  • DIANA NUR SAPUTRI
  • HADI WARSITO WIRYOSUTOMO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam meningkatkan harga diri siswa kelas X MAN 2 Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang didesain dengan menggunakan one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dengan harga diri rendah yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket mengenai harga diri siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non-parametrik dengan uji tanda atau Wilcoxon test.

Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan sebanyak 0.1425% antara pere-test dan post-test. Dapat disimpulkan bahwa “Ho diterima” karena T+ (78) ≥ To (15). Jadi dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik sosiodrama secara efektif meningkatkan harga diri siswa.

Kata kunci : Harga diri, Sosiodrama

Published
2018-07-24
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 65