STUDI IMPLEMENTASI STRRATEGI BIMBINGAN KLASIKAL DI SMP NEGERI 13 SURABAYA

  • NINA NURANISA
  • BAMBANG DIBYO WIYONO

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan layanan bimbingan klasikal, mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan klasikal, dukungan yang diberikan oleh pihak sekolah dan hambtan-hambatan yang menjadi kendala guru BK dalam pelaksanaan layanan bimbingan klasikal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil penyebaran angket mengenai ketercapaian layanan BK dilihat dari evaluasi proses dan evaluasi hasil. Terdapat 11 indikator dengan mengadaptasi dari Panduan Oprasional Penyelenggaraan BK di Sekolah Menengah Pertama. Mendapatkan skor secara keseluruhan presentase 64,61% termasuk dalam kategori sesuai dengan indikator. Berdasarkan wawancara yang sudah peneliti lakukan pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dilaksanakan secara kondisional karena di SMP Negeri 13 Surabaya tidak ada jam khusus untuk guru BK. Kendala yang dihadapi oleh guru BK pada pelaksanaan yaitu kebingungan dalam memberikan layanan bimbingan klasikal karena di SMP Negeri 13 Surabaya tidak ada jam masuk kelas untuk guru BK. Respon peserta didik berkurang jika layanan bimbingan klasikal dilaksanakan di pelajaran terakhir, hal ini ditujukan dengan adanya peserta didik yang mengantuk ketika mengikuti kegiatan bimbingan klasikal. Adapun respon yang diberikan oleh kepala sekolah, guru mata pelajaran, guru wali kelas sangat baik terhadap keterlaksanaan layanan bimbingan klasikal. Hal ini dibuktikan dengan bersedianya guru mata pelajaran memberi jam kepada guru BK guna melaksakan layanan bimbingan klasikal.

Kata Kunci : Implementasi, Layanan bimbingan klasikal

Published
2018-07-26
Abstract Views: 116
PDF Downloads: 602