PENGEMBANGAN APLIKASI KECERDASAN MAJEMUK(MULTIPLE INTELLIGENCE) UNTUK PERENCANAAN STUDI LANJUT KELAS IX SMP NEGERI 40 SURABAYA

  • DYAH AYU KUSUMA NEGARA
  • BAMBANG DIBYO WIYONO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu peserta didik dalam perencanaan studi lanjut setelah lulus jenjang pendidikan sekolah menengah pertama, melaui pengembangan aplikasi yang berbasis android. Penelitian ini menggunakan teori Howard Gardner tentang 8 kecerdasan majemuk (Multiple Intelligence). Penelitian ini dari hasil analisis DCM, hasil wawancara, angket identifikasi potensi siswa yang diadopsi dari Retno Tri Hariastuti dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall (1983). Adapun tahapan dalam penelitian yaitu tahap melakukan analisis produk survey lapangan (pengumpulan informasi dan analisis)/ Need Assesment dan studi kepustakaan, tahap perencanaan (Planning), tahap pengembangan draf produk (Develop preliminary form of product), dan tahap penilaian validasi dari uji ahli materi, uji ahli media serta uji calon pengguna (konselor dan 6 siswa). Hasil uji validasi materi mendapatkan 93,75%, hasil uji validasi media pada mendapatkan 81,81 %, hasil uji validasi calon pengguna (guru BK) mendapatkan 85,29 %, dan hasil uji validasi calon pengguna (6 siswa) mendapatkan 89,1%. Sehingga aplikasi kecerdasan majemuk (multiple intelligence) untuk perencaan studi lanjut telah memenuhi kriteria akseptabilitas yang meliputi aspek kegunaan, aspek kelayakan, aspek ketepatan, dan aspek kepatutan. Dengan demikian produk pengembangan aplikasi kecerdasan majemuk (multiple intelligence) untuk perencaan studi lanjut berkategori sangat baik dan tidak perlu direvisi.

Kata kunci : aplikasi, kecerdasan majemuk, perencanaan studi lanjut

Published
2018-07-26
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 141