IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AT-TAQWA SURABAYA
Abstract
Bimbingan dan konseling merupakan bagian integral dalam sistem pendidikan. Tetapi pada kenyataannya tidak semua sekolah dasar memiliki program bimbingan dan konseling. SDIT At Taqwa adalah salah satu sekolah dasar yang memiliki progrm tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan evaluasi layanan bimbingan dan konseling serta hambatan apa saja dan bagaimana cara engatasi hambatan tersebut. Jenis peneitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, waka kesiswaan, koordinator bimbingan dan konseling, guru bimbingan dan konseling serta wali kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi, perpanjangan pengamatan dan peningkatan ketekunan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan dan konseling di SDIT At Taqwa terdapat perencanaan yang terstruktur dan terprogram. Pola yang diterapkan merupakan pola 17+ yang kemudian dikombinasikan dengan kurikulum yang ada disekolah. Untuk pelaksanaan bimbingan dan konseling sudah sesuai dengan layanan dan kegiatan pendukung yang terdapat pada BK pola 17+. Evaluasi yang digunakan ialah LAISEG, LAIJAPEN dan LAIJAPAN. Faktor penghambat pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah tersebut kurangnya SDM dan kerjasama orang tua yang kurang berkomitmen. Upaya yang dilakukan untuk hambatan tersebut adalah kerjasama dengan wali kelas dan membuat surat komitmen orang tua.
Kata Kunci: Bimbingan, Konseling, Sekolah Dasar
Downloads

