PENGEMBANGAN PANDUAN KOMPETENSI MULTIKULTURAL BAGI PEMBIMBING TEMAN SEBAYA DI SMA AR-RAHMAH PUTRI ISLAMIC BOARDING SCHOOL DAU MALANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Panduan Kompetensi Multikultural bagi Pembimbing Teman Sebaya di SMA Ar-Rahmah Putri Islamic Boarding School Dau Malang yang digunakan sebagai panduan oleh pembimbing teman sebaya untuk meningkatkan kompetensi multikultural. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan R & D (Research Development) atau penelitian pengembangan. Metode yang digunakan adalah Borg & Gall yang disederhanakan oleh Tim Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi (Puslitjaknov) dengan 5 (lima) langkah. Langkah-langkah yang dilakukan oleh peneliti adalah analisis produk, pengembangan produk awal, dan uji ahli (ahli materi, ahli media, dan uji coba calon pengguna).
Validasi dinilai berdasarkan kriteria akseptabilitas produk. Berdasarkan hasil uji ahli materi adalah 93.18 %. Apabila dibandingkan dengan kriteria kelayakan produk menurut Mustaji (2005) adalah sangat baik, tidak perlu direvisi, hasil uji validitas ahli media sebesar 95,84 %. Adapun hasil uji validitas calon pengguna secara keseluruhan adalah 91,25% .
Panduan Kompetensi Multikultural bagi Pembimbing Teman Sebaya di SMA Ar-Rahmah Putri Islamic Boarding School Dau Malang memenuhi kriteria akseptabilitas produk berdasarkan kriteria kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan.
Kata kunci : Pengembangan, Panduan, Kompetensi Multikultural
Downloads

