PENGEMBANGAN SOFTWARE GAYA BELAJAR BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 SURABAYA

  • MARTA DWI ANGGRAINI
  • HADI WARSITO WIRYOSUTOMO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk berupa Software Gaya Belajar dengan kriteria akseptabilitas produk yang mencakup aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan yang mana software gaya belajar ini dapat membantu siswa mengidentifikasi gaya belajar yang dominan pada dirinya dan memberikan wawasan tentang tipe gaya belajar.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg &_Gall dengan tahapannya, meliputi (1) studi_pendahuluan, (2) perencanaan, (3) mengembangkan bentuk produk_awal, (4) uji coba_awal (validasi), (5) revisi produk_awal, (6) uji_coba lapangan skala kecil. Hasil validasi dan uji coba didapatkan data kuantitatif hasil akseptabilitas produk oleh ahli materi sebesar 79,69% dengan kriteria penilaian produk baik, tidak perlu direvisi, ahli media sebesar 85,9% dengan kriteria penilaian produk sangat baik, tidak perlu direvisi dan calon pengguna siswa dan konselor sebesar 87,29% dan 91,05% dengan kriteria penilaian produk sangat baik, tidak perlu direvisi. Sedangkan hasil analisis uji lapangan kecil untuk mengetahui perbedaan nilai hasil belajar siswa sebelum dan sesuadh menggunakan software gaya belajar menunjukkan bahwa hasil “test statistic” diketahui Asymp.Sig (2-tailed) = 0,016, karena nilai 0,016 lebih kecil dari < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, artinya ada perbedaan prestasi belajar siswa untuk pretest dan posttest, sehingga dapat disimpulkan bahwa Software gaya belajar dapat meningkatkan prsetasi belajar siswa.

Kata Kunci: Pengembangan, Software, Gaya Belajar

Published
2018-10-30
Section
Articles
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 425