KONSELING KELOMPOK TEKNIK BIBLIOKONSELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MI NURUL HUDA 2 KOTA MOJOKERTO

  • RIZQI PUSPITA DEWI
  • BAMBANG DIBYO WIYONO

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penerapan konseling dengan kelompok teknik bibliokonsleing untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V MI Nurul Huda 2 Kota Mojokerto. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan menggunakan desain one group pre - post test design, dimana dalam rancangan ini digunakan satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Subyek dalam pelaksanaan penelitian ini adalah siswa kelas V MI Nurul Huda 2 Kota Mojokerto yang memiliki kategori motivasi belajar rendah. Jenis angket yang digunakan adalah angket tertutup. Analisis data yang digunakan adalah statistic non parametric dengan wilcoxson signed rank test dengan bantuan aplikasi SPSS 24. Setelah dilakukan analisis menggunakan SPSS 24 diketahui bahwa ρ 0.027 lebih kecil dari taraf kesalahan sebesar 5% 0,05. Maka dapat disimpulkan H1 diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh konseling kelompok teknik bibliokonseling dalam meningktakan motivasi belajar siswa kelas V MI Nurul Huda 2 Kota Mojokerto. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Konseling kelompok teknik bibliokonseling dapat meningkatkan motivasi belajar BTA siswa kelas V MI Nurul Huda 2 Kota Mojokerto” dapat diterima Hal ini menunjukkan bahwa peneriamaan konseling kelompok teknik bibliokonseling dapat dijadikan alternatif untuk membantu siswa yang memiliki masalah motivasi belajar rendah.

Kata Kunci : Konseling Kelompok, Bibliokonseling, Motivasi Belajar.

Published
2018-11-09
Section
Articles
Abstract Views: 241
PDF Downloads: 784