PENERAPAN KONSELING REALITA UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA Di SMA WACHID HASYIM 2 TAMAN

  • ANDRI NUR CAHYAH
  • RETNO TRI HARIASTUTI

Abstract

Kejenuhan belajar adalah kondisi emosional dan fisik seseorang yang tidak dapat memproses informasi-informasi atau pengalaman baru karena tekanan sangat mendalam yang berkaitan dengan belajar sehingga tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas belajar. Penelitian ini termasuk dalam pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Design penelitian pre exprtimental design dengan one group pre test and post tesy design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Wachid Hasyim 2 Taman. Subyek penelitian ini adalah 3 siswa kelas XI. Validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan construct validity. Realibilitas dalam penelitian ini menggunakan analisa alpha cronback yang diolah dengan menggunakan bantuan spss for windows seri 24.0. Analisa data menggunakan teknik analisis data uji wilcoxon.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan kejenuhan belajar pada siswa kelas XI SMA Wachid Hasyim 2 Taman. Sebelum dan setelah diberikan perlakuan layanan konseling realita. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan antara skor diberikan layanan konseling. Sebelum perlakuan konseling realita menunjukkan skor rata-rata sebesar 98.3 dengan kategori tinggi, setalah diberikan perlakuan konseling realita menunjukkan rata-rata skor 82.3 dengan kategori rendah. Perubahanya sebesar 16.0 ditunjukkan dengan hal kenyakinan menghadapi segala tantangan dalam menghadapi kehidupan meningkat, dalam hal menerima kekurangan yang ada pada dirinya menurun. dalam hal menerima kritik meningkat dan juga lebih merasa kehadirannya bisa diterima oleh orang lain. Berdasarkan hasil uji hipotesis wilcoxon diperoleh taraf signifikan p=0.043<0.05 antara sebelum perlakuan dan setelah pemberian perlakuan berupa konseling realita. Kesimpulan akhir dalam penelitian ini adalah konseling realita efektif untuk menurunkan kejenuhan belajar siswa di SMA Wachid Hasyim 2 Taman.

Kata kunci: konseling realitas, kejenuhan belajar.
Published
2018-11-19
Section
Articles
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 384