PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS X-MIA 3 SMA ISLAM SHAFTA SURABAYA

  • SARTIKA FUDJI LESTARI
  • TITIN INDAH PRATIWI

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti di SMA Shafta Surabaya, terdapat siswa-siswi yang memiliki karakter tanggung jawab rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok teknik permainan untuk meningkatkan tanggung jawab siswa kelas X-MIA 3 SMA Islam Shafta Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket tanggung jawab siswa. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas X-MIA 3 SMA Islam Shafta Surabaya yang memiliki tangung jawab rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic non-parametrik analisis uji tanda. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai ρ = 0,016 lebih kecil dari α = 0,05. Berdasarkan hasil ini maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui rata-rata pretest 100 dan rata-rata posstest 121, sedangkan selisih antara rata-rata pretest dan posttest adalah sebesar 21. Hipotesis penelitian ini berbunyi “Penerapan bimbingan kelompok teknik permainan dapat meningkatkan tanggung jawab siswa kelas X-MIA 3 SMA Islam Shafta Surabaya” dapat diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan kelompok teknik permainan dapat meningkatkan tanggung jawab siswa kelas X-MIA 3 SMA Islam Shafta Surabaya.

Kata Kunci: Bimbingan kelompok, Teknik permainan, Tanggung jawab.

Published
2018-11-28
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 840