PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA KELAS VIII-H SMPN 40 SURABAYA

  • DIANA ISNAWATI
  • BUDI PURWOKO

Abstract

Penerapan teknik problem solving dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa kelas VIII-H SMPN 40 Surabaya ini menggunakan rancangan desain Pre-experimental One Group Pretest – Posttest . Rancangan tersebut untuk mengetahui perbedaan skor sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan . Fokus pada penelitian ini adalah kelas VIII-H SMPN 40, dan sebagai sampel untuk penelitian, penentuan kelas tersebut berdasarkan dari guru BK dan peneliti yang memilih kelas VIII-H karena skelas VIII dianggap sesuai untuk menerima bimbingan tersebut agar lebih siap untuk menghadapi ke tingkat kelas berikutnya dan untuk mempersiapkan ujian nasional . Dari kelas yang telah ditentukan yaitu kelas VIII-H tersebut dilakukan pre-test untuk mengetahui skor awal dalam angket keterampilan belajar sebelum diberikan teknik problem solving dalam bimbingan kelompok . Penggunan angket tersebut untuk mengetahui perbedaan skor keterampilan belajar siswa dengan tambahan selama perlakuan berlangsung yaitu lembar kerja dan refleksi diri.

Diketahui keterampilan dari analisis pre-test memperoleh rata-rata skor 83 , sedangkan post-test memperoleh 90 skor . Hasil penelitian menunjukkan yaitu N=7 ( ρ tabel = 0.018 ) dan α= 0.05 dan dapat ditetapkan 0,018 <0.05, dengan demikian maka Ho ditolak Ha diterima maka dapat dikatakan bahwa penerapan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa kelas VIII-H SMPN 40 Surabaya . hasil ini sudah dibuktikan dengan analisis pre-test dan post-test yang sudah dijelaskan dan cenderung meningkat, membuktikan bahwasanya siswa memiliki keterampilan belajar yang lebih baik dari sebelumnya . Sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa kelas VIII-H SMPN 40 Surabaya.

Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Problem Solving, Keterampilan Belajar

Published
2018-11-28
Section
Articles
Abstract Views: 114
PDF Downloads: 1388