PENERAPAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN ACADEMIC SELF EFFICACY SISWA KELAS VIII-D SMPN 1 SEMEN KEDIRI

Authors

  • NANING FATIMATUS ZAHRO
  • ARI KHUSUMADEWI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konseling kelompok Cognitive Restructuring untuk meningkatkan Academic Self Efficacy siswa kelas VIII-D SMPN 1 Semen Kediri. Penelitian ini menggunakan desain pre experimental design dengan bentuk one group pre-test and post-test design. Dengan subyek yang memiliki Academic Self Efficacy rendah sebanyak 6 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket Academic Self Efficacy dengan 28 item pernyataan.

Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan skor Academic Self Efficacy setelah diberikan konseling kelompokCognitive Restructuring signifikan. Berdasarkan hasil uji sktatistik diketahui Asymp. Sig (2-talled) sebesar 0,028. Bila dalam ketetapan ? (taraf kesalahan) sebesar 5% maka 0,028 < 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling kelompok Cognitive Restructuring dapat meningkatkan Academic Self Efficacy siswa kelas VIII-D SMPN 1 Semen Kediri.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-12

Issue

Section

Articles
Abstract views: 70 , PDF Downloads: 248