KONSELING RASIONAL EMOTIF PERILAKU UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KORBAN VERBAL BULLYING

  • FADELIA EDFIRA PUTRI
  • ELISABETH CHRISTIANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konseling rasional emotif perilaku dalam meningkatkan percaya diri siswa korban verbal bullying di SMP Negeri 1 Sukosewu Bojonegoro. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-experiment design dengan rancangan penelitian pre-test post-test one group design. Alat pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket percaya diri untuk korban verbal bullying yang terdiri dari 27 butir item. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah lima siswa dari SMP Negeri 1 Sukosewu Bojonegoro yang menjadi korban verbal bullying dengan perolehan skor percaya diri rendah yang telah diukur menggunakan angket percaya diri. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik non parametrik dengan menggunakan Uji Wilcoxon.

Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, N = 5 dan x = 0, maka diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,043. Apabila dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05, maka 0,043 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Adanya perbedaan antara hasil pre-test dan post-test yang mana skor post-test lebih besar dibandingkan skor pre-test. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konseling rasional emotif perilaku dapat meningkatkan percaya diri siswa korban verbal bullying di SMP Negeri 1 Sukosewu Bojonegoro.

Kata kunci: Konseling Rasional Emotif Perilaku, Percaya Diri, Verbal Bullying

Published
2018-12-13
Section
Articles
Abstract Views: 240
PDF Downloads: 468